“There’s always a story. It’s all stories, really. The sun coming up every day is a story. Everything’s got a story in it. Change the story, change the world.”
Terry Pratchett, A Hat Full of Sky

Hai, ini postingan blog pertama. Postingan aku mulai dengan bahasa inggris. Kamu tau artinya? kalau ndak toss dulu.

Kali ini aku menulis tentang tempat ciamik di Bantul yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati sunrise, gak cuman sunrise sih lebih tepatnya menikmati pagi hari. Tempat ini menarik dikunjungi karena kamu bisa menikmati sunrise dan pagimu di atas awan, yaa seperti di Dieng, keren bukan? Menikmati hamparan alam luas tertutup awan tipis-tipis. Wohooo Nice!

Ceritanya bulan lalu tanggal 14 Mei 2016 aku diajak sobatku Lupti ([email protected]) ke Mangunan. Jadi beliau ini bossnya TRYVELING, sebuah agen travel ala Jogja gitu.  Ala Jogja tu gimana sih? katanya sih dia biasa ngajak tamu nge-trip dengan gaya orang jogja yang santun, ke tempat budaya, dan pokoknya asik. Sebagai anak muda yang jarang dolan tanpa pikir panjang langsung aku iya-in, selain bisa piknik gratisan tentu saja dapat traktiran.

Tujuan kami ada 3, hutan pinus, mangunan dan museum batik Cipto Wening, namun Cipto Wening sedang tutup! Yah! padahal aku pengen pakai batik.

Oke, Fokus pembahasan kali ini Kebun Buah Mangunan, yang lain menyusul. Kebuh buah mangunan ini berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Untuk bisa ke sana kamu yang sudah tau Jogja silakan menuju arah makam Imogiri di sana kamu akan di menemukan plang menuju Mangunan.  Atau alternatif lain kamu bisa menggunakan GPS ke arah Imogiri dan tanya kepada warga sana arah menuju Mangunan.

Kamu bisa ke sana dengan menggunakan mobil atau motor pribadi.  Untuk kendaraan umum ke arah sana sependek pengetahuanku belum ada. Kebetulan kemarin aku ke sana menggunakan motor Lupti dan nyaman untuk sampai sana.  Kalau mau menggunakan motor ke sana pastikan motormu waras! karena ada beberapa tanjakan untuk menuju ke sana.

Kami sampai di Mangunan sekitar setengah 6 pagi kalau ndak salah.  Nah sesampainya sana aku langsung disambut dengan pemandangan seperti di bawah. Segara kami menghentikan motor dan memotretnya.  Pertama kali bingung sih itu kabut atau awan, tapi tanpa pikir panjang langsung keluarin HP dan selfie *laaah* maksudnya memotret pemandangan ciamik itu.  Setelah selesai memotret kami bergegas menuju puncak mangunan.

Kebuh Buah Mangunan Menyambut

Kamu akan di samput ini ketika kamu masuk di tikungan pertama menuju Kebuh Buah mangunan

Untuk menuju tempat melihat sunrise menempuh jarak sekitar 500 m dari parkiran. Tak jauh bukan? Cuman beberapa kali langkah kamu sudah sampai.  Untuk harga tiket masuk cukup Rp 5000,- saja.

IMG_20160514_060152

Perjalanan menuju puncak mangunan, jalan sudah bagus.

Jangan takut lapar atau haus karena di samping tempat kamu berjalan berjajar kios makanan dan minuman tentu saja harganya murah.  Kemarin pas ke sana harga gorengan cuman 500 perak! selain stan makanan, disediakan gazebo dan tempat asik untuk duduk dan menikmati hari-hari. Nah kamu bisa menikmati itu semua gratis!

IMG_20160514_060155

Gazebo, kamu bisa menikmati ini gratis

Nah sampai sudah. Awan-awan tipis menutupi gunung dan pemandangan alam ciamik lainnya.

IMG_20160514_060610

Sampai di lokasi ternyata sudah ramai pengunjung, pikiranku sih di sana sepi.  Rata-rata mereka wisatawan dari luar daerah kalau dari logat bicara mereka.  Eh tapi pengunjung lokal juga ada, rata-rata mereka berpasangan! syuram aku sama lanangan 🙁

IMG_20160514_060326

Nah di sana kamu bisa menikmati sunrise dan merasa di atas awan karena pemandangan gunung-gunung akan ditutupi oleh awan.  Kamu bisa bercengkerama dengan sahabat, rekan atau siapaun di sana. Kalau aku sih di sana hanya motret sambil memandangi lingkungan sekitar dan tentu saja nyantap gorengan!

IMG_20160514_060810

Kamu bisa memotret semua view ciamik itu dan jangan lupa selfie biar bisa jadi cerita buat anak cucu nanti. Ajaklah sanak sodara, kakek nenek, patjar, suami, istri dan siapun ke sana!

Bonus Post!

IMG_20160514_060724